FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

ようこそ!
Yo Minna-san, Kembali lagi bersama Adm0n SanPoi.
Kali ini ane akan membahas tentang Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang.
Kenapa bahas Cara Perkenalan?
Karena ada pepatah "Tak Kenal Maka Kenalan" nah maka dari itu, kita bahas disini.

Sebenarnya dalam memperkenalkan diri ada banyak cara, baik itu Formal maupun Non Formal.
Tapi, pada postingan kali ini kita bahas Cara Memperkenalkan Diri baik secara Formal ataupun Non Formal yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengawali dan Menutup Perkenalan Diri

 はじめまして。
 Hajime mashite.
 Salam kenal.

 どうぞよろしくおねがいします。
 Doozo yoroshiku onegai shi-masu.
 Mohon bimbingannya.

“Hajime mashite” diucapkan saat mengawali perkenalan pertama, sedangkan “doozo yoroshiku onegai shi-masu” dapat digunakan saat mengakhiri perkenalan.


2. Menyatakan Nama

 Nama です。 / Nama といいます。(siswa / anak muda)
 Nama desu. / Nama to ii-masu.
 Saya nama. / Nama saya nama.

Menyatakan nama diri sangat sederhana, yaitu “nama + desu” saja. Fungsi “desu” seperti verb “be (is, am, are, dll)” dalam bahasa Inggris, dan membentuk predikat secara sopan.  “Nama + to ii-masu” yang artinya “nama saya disebut nama” juga tepat digunakan untuk menyatakan nama Anda. Saya merekomendasi ungkapan “Nama to ii-masu” digunakan oleh orang asing karena terkadang orang Jepang tidak kenal nama orang asing sehingga tidak mengerti bahwa yang disebut dalam “Nama desu” adalah nama orang.

 Nama ともうします. (orang dewasa / sudah bekerja)
 Nama to mooshi-masu.
 Nama saya nama.

Jika Anda sudah termasuk orang dewasa, atau sudah bekerja, “Nama to mooshi-masu” yang paling tepat untuk menyatakan nama Anda. Ungkapan ini lebih sopan dan bersikap dewasa daripada “Nama desu” dan “Nama to ii-masu”.

Contoh
アグスです。(sopan)
Agus desu.
Saya Agus.

アグスといいます。(sopan)
Agus to ii-masu.
Nama saya Agus.

アグスともうします。(paling sopan)
Agus to mooshi-masu.
Nama saya Agus.


3. Menyatakan Nama Panggilan

 Nama panggilan とよんでください。
 Nama panggilan to yonde kudasai.
 Panggil saja Nama panggilan.

Jika nama Anda panjang dan Anda ingin dipanggil dengan nama panggilan, gunakanlah “Nama panggilan to yonde kudasai”.

Contoh

デウィとよんでください。
Dewi to yonde kudasai.
Panggil saja Dewi.

マデとよんでください。
Made to yonde kudasai.
Panggil saja Made.

4. Menyatakan Kewarganegaraan

 Nama negara じん です。
 Nama negara-jin desu.
 Saya orang nama negara.

Ungkapan “nama negara-jin desu” digunakan untuk menyatakan kewarganegaraan. Jin artinya orang, dan “nama negara + jin” menyatakan orang dari negara tersebut. Misalnya, Indonesia-jin (orang Indonesia), Nihon-jin (orang Jepang), Amerika-jin (orang Amerika), dsb.

Contoh

にほんじんです。
Nihon-jin desu.
Saya orang Jepang.

アメリカじんです。
Amerika-jin desu.
Saya orang Amerika.

マレーシアじんです。
Mareeshia-jin desu.
Saya orang Malaysia.


5. Menyatakan Tempat Kelahiran

 Tempat kelahiran (の) しゅっしんです。
 Tempat kelahiran (no) shusshin desu.
 Saya berasal dari tempat kelahiran.

Ungkapan ini digunakan untuk menyatakan tempat kelahiran (biasanya nama provinsi, kota, dan seterusnya).

Contoh

おおさかしゅっしんです。
Osaka shusshin desu.
Saya berasal dari Osaka.

デンパサールしゅっしんです。
Denpasar shusshin desu.
Saya berasal dari Denpasar.

インドネシアのパレンバンしゅっしんです。
Indonesia no Palembang shusshin desu.
Saya berasal dari Palembang, Indonesia.


6. Menyatakan Usia

 (ねんれいは) bilangan さい です。
 (Nenree wa) bilangan sai desu.
 Umur saya bilangan tahun.

Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan umur.

Contoh

16さいです。
Juuroku sai desu.
Umur saya 16 tahun.

28さいです。
Nijuu-has sai desu.
Umur saya 28 tahun.


7. Menyatakan Status

 Status です。
 Status desu.
 Saya status.

Ungkapan ini digunakan untuk menyatakan status atau kedudukan.

Contoh

がくせいです。
Gakusee desu.
Saya siswa.

だいがくせいです。
Daigakusee desu.
Saya mahasiswa.

かいしゃいんです。
Kaishain desu.
Saya karyawan perusahaan.

むしょくです。
Mushoku desu.
Saya pengangguran.


8. Menyatakan Hobi

 しゅみは hobi(Kata benda) です。
 Shumi wa hobi(Kata Benda) desu.
 Hobi saya adalah hobi (Kata Benda).

Ungkapan ini digunakan untuk menyatakan hobi.

Contoh しゅみはサッカーです。
Shumi wa sakkaa desu.
Hobi saya adalah sepak bola.

しゅみはテニスです。
Shumi wa tenisu desu.
Hobi saya adalah tenis.

しゅみはべんきょうです。
Shumi wa benkyoo desu.
Hobi saya adalah belajar.

しゅみはどくしょです。
Shumi wa dokusho desu.
Hobi saya adalah membaca buku.

Mungkin cukup sekian Postingan tentang Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang
Semoga membantu.

0/Post a Comment/Comments

Partner

73745675015091643

Recent Posts

Advertisement